Jumat, 04 Maret 2016

Jarak Yang Sempurna Untuk Menanam Sengon Laut

Jarak
Menjamurnya bisnis sengon laut pada masyarakat Indonesia saat ini memberikan dampak positif baik dari segi ekonomi maupun pendidikan. Modal yang tidak terlalu banyak, penanaman dan pemeliharaan yang terbilang mudah, serta hasil panen yang sangat menguntungkan sangat cocok untuk dijalankan baik mereka yang memiliki penghasilan tinggi, menengah sampai kebawah.
Hanya bermodalkan tanah dan modal yang tidak seberapa semua orang bisa menjalankan bisnis sengon ini. Terhitung dari penenaman hingga masa panen yaitu 5 tahun sejak penanaman semua modal yang sudah dikeluarkan baik untuk pembelian bibit, penanaman, dan pemeliharaan sudah tertutup dengan keuntungan hasil panen sengon laut.
meskipun demikian seperti tanaman pada umumnya proses penanaman, perawatan dan pengawasan kesehatan tanaman akan berpengaruh dari hasil yang akan diperoleh nantinya.
Untuk perawatan sendiri terbilang mudah karena biasanya perawatan pada sengon laut hanya dilakukan minimal hingga tinggi tanaman mencapai 2-3meter saja, selanjutnya dibiarkan hingga masa panen, tapi tetap dilakukan pengawasan, pengecekan pada setiap tanaman apakah terdapat gangguan seperti hama/penyakit atau tidak. Cara ini dilakukan untuk mencegah terjadinya serangan hama/ peyakit secara menyeluruh pada semua tanaman sengon pada lahan tanam.
Selain proses perawatan dan pengawasan, proses penanaman sengon laut juga ambil besar pada hasil panen nantinya. Jarak antar tanam dan kondisi tanaman ketika ditanam juga berpengaruh besar pada pertumbuhan sengon anntinya.
Jarak tanam yang banyak dipakai pada umumnya adalah 2x3m atau 2,5x2,5m. ideal minim 3x3m, tapi perkebunan pada umumnya menggunakan jarak tanam yang direkomendasikan yaitu 4 x 5 m. Jarak tersebut dapat memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan sengon. jarak 4 x 5 m adalah yang paling baik bagi pertumbuhan pohon sengon laut Karena dapat mengoprimalkan penyerapan unsure hara oleh tanaman sengon.
Cara Tanam sengon
Buka lubang dengan ukuran Lebar.30 x Panjang.30 x dalam 30 cm. (untuk bibit 40-50 cm), lalu masukan Kompos+NPK 2,5 gr (campur) sebagai pupuk dasar diendapkan dilubang setinggi 30 cm (dapat langsung tanam/1-2 minggu kemudian baru tanam),kemudian masukkan bibit yang polibagnya sudah dibuka/disobek kedalam. Dudukan dengan benar/rata, kemudian isi tanah kompos sebagai penutup akar dengan tanah setinggi 20 cm (jangan terlalu dipadatkan),hingga tersisa lubang 10 cm sebagai kantong air. Cara ini dilakukan untuk memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan sengon laut.
 kegiatan penanaman harus dilakukan secara hati – hati agar bibit tidak rusak serta akar bibit tidak terlipat, hal ini akan berpengaruh terhadap pertumbuhan bibit selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar